Tahu kah kamu jenis bahan bakar MotoGp ?

Tahu kah kamu jenis bahan bakar MotoGp ?

 

Tahu kah kamu jenis bahan bakar yang di gunakan para pembalap Motogp? Selama ini mungkin para penggemar motogp menganggap motor yang digunakan pada motogp menggunakan bahan bakar khusus, tapi ternyata fakta di lapangan tidak seperti itu.

Motor pada Motogp bisa mencapai kecepatan kurang lebih 350 km/jam.  Berdasarkan pernyataan yang  diberikan Dorna Sports, ternyata bahan bakar MotoGP setara Pertamax Turbo dan bahan bakar tersebut harus bebas timbal, dengan kisaran nilai oktan atau RON di angka 95 sampai 102.

Untuk sebuah tim balap motogp, Dorna memberi kebebasan kepada setiap tim untuk memilih sendiri suplier bahan bakar asalkan sesuai standar dari FIM dan bahan bakar tersebut harus lolos uji sebelum race dimulai.

Di pertamina atau pengisian bahan bakar, cukup mudah untuk mendapatkan bahan bakar yang setara untuk motogp, yaitu Pertamax Turbo dimana Pertamax Turbo memiliki nilai oktan atau RON di angka 98.

Berdasarkan ulasan dari pihak Pertamina Indonesia, Pertamax Turbo dengan RON 98 dan kandungan sulfur dibawah 50 ppm memenuhi standar EURO 4, juga dilengkapi dengan formula PERTATEC (Pertamina Technology) dan Ignition Boost Formula. Sebuah formula yang dirancang untuk menjaga mesin dari karat, membuat mesin lebih tahan lama, pemakaian bahan bakar yang lebih efisien, juga meningkatkan akselerasi kendaraan.

Nah sudah tahu kan sekarang bahan bakar Motogp ? :)

Share : facebook Twitter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar