16 Phobia paling unik yang terjadi disekitar kita

16 Phobia paling unik yang terjadi disekitar kita



Phobia merupakan suatu keadaan dimana seseorang bertindak irasional  dan mempunyai ketakutan berlebihan akan sesuatu suatu benda, hewan atau kejadian tertentu, yang ditandai dengan keinginan untuk menjauhi hal-hal yang ditakuti tersebut.

Phobia bisa dikatakan sebagai penyakit psikis  yang biasanya disebabkan karena seseorang tersebut pernah mengalami traumatis berat di masa lalu. Rasa trauma dan ketakutan tersebut membekas didalam otak hingga menekan pada  wilayah ketidaksadaran pikiran.

Berikut beberapa Phobia paling unik & umum terjadi disekitar kita :

1.  Pogonophobia

Phobia ini adalah phobia yang diderita kaum perempuan, yaitu ketakutan    berlebihan saat melihat  pria berjenggot.
  
2.  Trypophobia

Phobia Trypophobia termasuk phobia yang sering dibahas saat ini, Phobia ini bisa membuat   penderitanya menjadi merinding,  yaitu rasa takut  berlebihan saat melihat lubang-lubang kecil yang berpola, seperti biji bunga teratai, sarang lebah, terumbu karang, sarang semut, dan lainnya. Apakah kalian termasuk   pengidap Phobia Trypophobia ?
  
3.  Glossophobia 

Pernahkah anda merasa canggung, takut dan gugup ketika disuruh berbicara dihadapan orang banyak,    seperti melakukan presentasi atau pidato? Apabila iya, berarti anda mengidap Glossophobia.    Glossophobia merupakan ketakutan berbicara di hadapan orang banyak dan phobia ini merupakan phobia yang paling umum terjadi disekitar kita.
  
4.  Anthophobia

Bagi sebagian wanita, bunga adalah sesuatu yang indah dan romantis. Tapi hal ini tidak berlaku pada  penderita Anthophobia. Anthophobia adalah perasaan takut berlebihan pada bunga.

5.  Venustraphobia

Phobia ini termasuk unik bagi seorang pria, biasanya naluri seorang pria akan selalu bahagia ketika bertemu perempuan cantik. Namun lain halnya bagi penderita Venustraphobia, mereka akan ketakutan ketika melihat perempuan cantik di depan mata mereka. Venustraphobia adalah rasa takut yang berlebihan terhadap perempuan cantik.

6.  Pentheraphobia


Tanpa disadari, phobia ini sepertinya sering terjadi pada seorang menantu, phobia ini membuat seorang menantu ketakutan, cemas & khawatir berlebihan ketika bertemu mertua, padahal belum tentu mertuanya itu jahat. Pentheraphobia adalah ketakutan berlebihan terhadap mertua. Ckckckck ada ada aja :)
  
7.  Glophobia

Phobia ini merupakan ketakutan berlebihan ketika melihat balon, kebanyakan penderita ini pernah trauma terhadap bunyi ledakan atau letusan.

8.  Catoptrophobia

Merupakan ketakutan berlebihan ketika melihat cermin, mungkin penderita ini melihat sosok lain dalam cermin tersebut.
  
9.  Achluophobia

Penderita phobia ini merasa takut yang luar biasa ketika berada di ruangan yang gelap, ketakutan ini bisa membuat mereka lemas seperti sesak nafas. Achluophobia adalah rasa takut terhadap ruangan atau tempat yang gelap.
  
10. Acrophobia

Adalah takut berlebihan terhadap ketinggian, penderita sering merasa cemas & gemetar ketika berada di tempat tinggi.
   
11. Bronthophobia

Phobia ini adalah rasa takut terhadap suara Guntur dan Petir. Penderita biasanya akan tiba-tiba panik & lari sehingga  jantung mereka akan berdegup kencang ketika mendengar suara hujan yang disertai petir. Mereka bahkan bisa bersembunyi di balik pintu, menutup kepala dengan bantal atau melakukan semua hal untuk menghindari suara petir.  
   
12. Belonephobia

Phobia ini adalah rasa takut terhadap jarum biasa atau jarum suntik.
   
13. Katsaridaphobia


Hampir banyak orang mengalami phobia ini, baik laki-laki maupun perempuan. Apakah anda takut terhadap kecoa? Apabila anda takut, berarti anda mengidap Katsaridaphobia. Katsaridaphobia adalah rasa takut ketika melihat atau bertemu kecoa.
   
14. Felinophobia


Penderita phobia ini merasa takut ketika bertemu dengan kucing, biasanya mereka takut terhadap salah satu bagian tubuh kucing, yaitu bulunya.

15. Ophidiophobia

Anda merinding atau takut saat bertemu ular? Berarti anda terkena ophidiophobia, yaitu rasa takut saat melihat ular.
   
16. Claustrophobia

Phobia yang membuat penderitanya merasa takut ketika berada di ruang tertutup atau sempit, contohnya berada dalam lift.
 
Uraian di atas hanya lah sebagian dari jenis-jenis phobia yang ada disekitar kita. Kamu menderita phobia yang mana?  :)


Share : facebook Twitter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar