7 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan

7 Manfaat Tertawa Bagi Kesehatan




Tertawa merupakan respon alami dari tubuh & pikiran ketika mengalami hal-hal yang lucu dari lingkungan sekitar. Tertawa bersama-sama merupakan hal positif yang dapat memicu hubungan menjadi lebih kuat secara emosional, asalkan jangan tertawa sendiri , itu justru berbahaya bagi kesehatan. Sering tanpa kita sadari, tertawa secara alami dapat membuat kita melupakan sejenak segala perasaan stres, sedih, jengkel atau marah. Ketika tertawa tubuh kita akan mengeluarkan Hormon Endorfin dan Serotonin yang mampu menimbulkan perasaan senang dan nyaman hingga membuat badan kembali berenergi. Itulah salah satu alasan kenapa setelah tertawa lepas tubuh akan terasa ringan. Dengan tertawa, beban masalah seolah-olah lenyap dan mereka yang sedang marah pun akan berkurang kemarahannya atau bahkan kemarahannya akan hilang sama sekali.

Manfaat tertawa bagi tubuh & mental  adalah :
  1. Tertawa mampu membentuk pikiran positif karena tertawa akan memusnahkan rasa marah, stres serta emosi negatif lain.
  2. Tertawa memiliki efek domino yang menyehatkan orang disekitar kita, karena tertawa itu menularkan efek kebahagiaan sehingga dapat mengurangi tingkat stres. Ketika kita tertawa, terkadang orang lain pun bisa ikut tertawa melihat tingkah kita.
  3. Tertawa dapat mengurangi  resiko serangan jantung. Dengan tertawa, pembuluh darah menjadi lebar sehingga darah mengalir dengan baik.
  4. Tertawa membuat otot wajah aktif bergerak sehingga melancarkan sirkulasi darah padah wajah dan membuat wajah kelihatan awet muda.
  5. Tertawa dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan tubuh tidak mudah sakit.
  6. Tertawa dapat mengeluarkan Hormon Endorfin dan Serotonin, yaitu hormon dalam tubuh yang bisa menimbulkan rasa nyaman.
  7. Tertawa dapat memperbaiki mood yang buruk.
Begitu besar manfaat tertawa, bahkan ada sebagian negara dunia memiliki komunitas tertawa, salah satunya di negara Jepang. Komunitas tertawa ini muncul dikarenakan para pekerja di Jepang memiliki tingkat stres yang tinggi. 
Tertawa itu gratis, tapi menghasilkan hal yang baik bagi jiwa, kesehatan & lingkungan sekitar.


Share : facebook Twitter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar