Untuk Ibu Hamil, Konsumsilah Buncis Agar Bayi Anda Tidak Terkena Asma

Untuk Ibu Hamil, Konsumsilah Buncis Agar Bayi Anda Tidak Terkena Asma



Info berikut wajib untuk diketahui bagi ibu hamil, tahu kah anda bahwa mengkonsumsi buncis pada masa kehamilan dapat mengurangi resiko bayi anda terkena asma ketika lahir? Sekelompok tim peneliti dari Denmark telah membuktikan kebenarannya dengan mengambil sampel dari ribuan ibu hamil dan mereka mengemukakan bahwa ibu hamil yang rutin mengkonsumsi buncis seminggu sekali pada masa kehamilan melahirkan bayi sehat & tidak mengalami penyakit pada pernafasan ( asma). 
Sebenarnya sampai saat ini faktor penyebab asma pada bayi belum diketahui secara pasti, tapi sebagian peneliti ada yang menyatakan rentannya bayi terkena asma dikarenakan faktor kurang sempurnanya asupan nutrisi ibu hamil ( karena konsumsi makanan yang tidak sehat )  pada masa kehamilan yang menyebabkan bayi tidak berkembang secara maksimal pada saat dilahirkan sehingga sistem imun atau kekebalan tubuh sang bayi menjadi menurun & mudah sakit ketika menghadapi serangan dari luar seperti perubahan cuaca ( dingin, hujan, panas & berdebu).
 
Manfaat lain yang terkandung pada buncis untuk ibu hamil :

1.  Asam Folat ( Vitamin B9 )
Buncis mengandung asam folat yang tinggi, asam folat atau dikenal dengan vitamin B9 mempunyai peranan penting dalam perkembangan bayi. Tercukupinya kebutuhan asam folat dapat menghindari bayi lahir cacat.

2.  Asam Amino
Buncis mengandung  asam amino esensial dalam pembentukan protein pada ibu hamil. Protein yang dibentuk oleh asam amino akan meningkatkan sistem imun atau pertahanan bagi sel tubuh ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.  Sehingga bayi tidak mudah terserang infeksi dan penyakit.

3.  Tinggi Serat
Buncis merupakan salah satu makanan tinggi serat yang sangat bermanfaat bagi ibu hamil. Karena pada masa kehamilan, ibu hamil sering bermaslah pada pencernaan (sembelit). Dengan mengkonsumsi buncis masalah pencernaan bisa diatasi.

4.  Zat Besi
Buncis mengandung zat besi yang mampu meningkatkan produksi protein hemoglobin pada sel darah merah, yang mana hemoglobin berfungsi mengangkut oksigen keseluruh tubuh dan melancarkan aliran darah, sehingga membantu meningkatkan perkembangan janin & ibu hamil tidak mudah terkena anemia.

5.  Antioksidan
Kandungan antioksidan pada sayur buncis ternyata cukup tinggi, antioksidan dianggap mampu melawan radikal bebas yang sering berpotensi untuk merusak beberapa organ tubuh ibu hamil yang di khawatirkan mengganggu pertumbuhan janin dalam kandungan.

6.  Vitamin B1
Ibu hamil muda cenderung memiliki gangguan pada selera makan, sehingga hal ini dapat mengganggu asupan nutrisi dan vitamin pada janin. Buncis memiliki kandungan vitamin B1 yang dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan pada ibu hamil.

7.  Vitamin K
Buncis mengandung vitamin K, vitamin K merupakan vitamin yang mudah larut dalam lemak. Kekurangan vitamin K dapat terjadi pada segala usia, tapi bayi memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalaminya. Kekurangan (defisiensi) ini dapat memicu terjadinya pendarahan yang sulit dihentikan. Pencegahan serta penanganannya dilakukan dengan memberikan suplemen vitamin K.

8.  Vitamin A
Kandungan vitamin A yang didapat dari buncis sangat penting bagi bayi dalam proses perkembangan embrionya, pertumbuhan sel mata, jantung, telinga, memberikan kesehatan kulit, melawan infeksi serta membantu pertumbuhan tulang dan metabolisme lemak.

9.  Protein
Buncis mengandung Protein yang memiliki peranan sangat penting bagi ibu hamil, karena protein berfungsi membangun sel tubuh pada perkembangan bayi.  Semua pembentukan organ penting pada bayi seperti jantung dan otak bergantung pada kecukupan nutrisi yang mengandung protein selama kehamilan. 

10.  Kalsium
Kandungan kalsium yang cukup tinggi pada buncis memiliki peranan dalam pembentukan kerangka dan struktur janin, serta mendukung pertumbuhan otot jantung dan pembentukan otot sehat yang lainnya pada bayi.

Buncis memang memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, tapi konsumsi buncis usahakan jangan berlebihan, karena nutrisi yang berlebih & tidak seimbang dalam tubuh malah bisa membuat kesehatan ibu hamil jadi terganggu.

Semoga bermanfaat.


Share : facebook Twitter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar